Tuesday, August 8, 2017

Kepada Mereka yang Pernah Bersama

Bismillahirrahmanirrahim

Puji Syukur kehadirat Allah yang telah memberikan waktu kepada kita manusia untuk menyusuri buminya. Sehingga menjadikan kita sebagai orang-orang yang sempat berkontrubusi untuk negeri ini. Dan bisa menjadi manusia yang melakukan ibadah dalam segala bentuknya.
Salawat beserta salam dicurahkan kepada Nabiyullah-Rasullullah Muhammad SAW yang berkat kesabaran dan keteguhan beliau bisa menjadikan langkah-langkah kita semakin bersinar di dalam naungan nya.
Inilah ukiran-ukiran sejarah yang telah kita lalui. Banyak kisah yang telah menjadi cerita. Ada yang pahit ada pula yang manis. Tergantung kita memaknai. Karena sejatinya setiap hal yang ditimpa kepada manusia adalah kebaikan, tergantung manusia itu sendiri lah yang akhirnya menilai dari setiap kejadian.
Langkah-langkah perjuangan sama sekali tidak berisi kebahagiaan. Seringkali tangisan, kesakitan menghiasi jalanan-jalanan yang kami lalui. Tetapi bukan dengan meratapinya kami menghadapi segalanya. Karena dengan meratapi hanya menjadikan kami semakin terjebak di dalam lubang-lubang penistaan yang semakin dalam.
Jalan perjuangan juga bukan jalan yang dipenuhi dengan puji-pujian. Seringkali cacian, makian, hinaan bahkan pembunuhan karakter bisa saja menimpa jalan para pejuang. Tetapi para pejuang sebenarnya sudah meyakini semua itu. Sehingga apapun yang menimpa dirinya bukanlah tergantung persepsi dari manusia tetapi kembali lagi kepada dirinya. Dan dengan senyuman para pejuang menghadapinya.
Maka kami sampaikan kepada semua orang yang terlibat di jalan ini. Janganlah kau rusak kemurnian langkah ini dengan niatan-niatan palsu yang akan semakin merusak langkah yang telah di tapaki oleh para pendahulu negeri. Seandainya kau menginkan pujian maka itu sebenarnya palsu, seandainya kau mengingnkan popularitas maka itu akan melenakan.

Inilah jalan juang kami
Jalan yang terbentang diantara jurang dan duri
Sakit pasti
Tangisan pasti terjadi

Sekarang tinggal kita yang memilih kepada diri
Apa yang kau inginkan setelah semua ini

            Terkadang keadilan menjadi barang langka yang saat ini kita nantikan di muka bumi. Oleh karena itu beban kepemimpinan memiliki andil untuk mengambil peran di dalam hal ini. Maka seharusnya kita memastikan bahwa setiap dari insan-insan yang ada di muka bumi harus menjadi secara parpurna bahwa dirinya adalah pemimpin. Maka setiap kepemimpinan harus dimintai pertanggunggjawabannya.
            Kami menghimpun rekam jejak yang telah kami lalui menjadi satu. Sehingga semoga nanti ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi generasi selanjutnya. Sejatinya pekerjaan yang kita lakukan adalah kerjaan generasi.
            Pahlawan muncul bukan karena keluarbiasaan pribadi seseorang tetapi puncak perjuangan yang yang di lakukan oleh banyak generasi. Para pahlawan yang di kenang sejarah terkadang hanya memeberikan sentuhan akhir. Harus kita pahami bahwa pahlawan bukan tentang perjuangan individu tetapi perjuangan banyak generasi.
            Ingin saya pertanyakan kepada setiap insan. Apakah tugas kepemimpinan ini ringan? Tentu saja tidak. Ini tentang banyak hal yang akhirnya harus kita terima sebagai ganjaran. Baik du dunia maupun ganjarannya nanti di hari akhir. Maka apakah ini hanyalah sebuah permainan?
            Apa yang kami lakukan pastinya memiliki andil dari banyak pihak. Pihak yang terkadang menjadi partner dalam segi apapun. Maka kami sampaikan uicapan terima kasih sedalam-dalamnya untuk :
Kepada Yudi sang pujangga. kepada El yang tak biasa, kepada Lulu yang selalu bekerja, kepada Mia yang bersahaja, kepada Elma yang sangat berguna, kepada Nia yang berbahagia, kepada Andri yang berjasa, kepada Joe yang selalu berjaga, kepada Ipin yang tertawa, kepada Mentari yang selalu ada, kepada Ucil yang tetap setia, kepada Putra yang berwibawa


“Maka tak perlu menunggu untuk bisa bermanfaat, lakukan saja apa yang bisa kita lakukan. Maka tanpa kita sadari dari hal-hal kecil yang kita lakukan nanti akan menjadi besar dan berguna bagi banyak orang” -Miqdad Ramadhan




0 comments:

Post a Comment