Thursday, August 14, 2014

Edutrip Depdik-Eduwa

Edutrip Depdik-Eduwa hari ini.. 
14 Agustus 2014 

         Bermula di kampus tercinta UNJ kami dari depdik eduwa memulai perjalanan. Hari yang cerah pun mendukung perjalanan kami. Dengan bermodalkan tau-tau dikit tentang jalan kesana kami memberanikan diri untuk menempuh perjalanan. Dan mungkin akan menjadi cerita baru pada akhirnya. Perjalanan yg cukup melelahkan mungkin karena harus berganti angkot berkali-kali. 

        Tetapi semua terbayarkan ketika kami sampai di tempat tujuan. Taraaa.. Kutab Alfatih namanya. Apa sih itu !? Ini adalah sebuah sekolah untuk anak-anak berumur 5-12 tahun. Sebelum lebih lanjut mau bahas sedikit tentang latar belakang namanya nih. " Kuttab" istilah ini berawal sejak zaman Amirul Mukminin Umar ibn Khattab ra. Tetapi sebenarnya sistem nya sudah ada semenjak pasca perang badar. Ketika para tawanan ingin bebas tanpa syarat maka mereka harus mengajarkan anak-anak muslim untuk membaca, menulis dll. Tetapi di legalkan namanya pada zaman Umar ra. Dan nama itu semakin menjamur dan meluas dari zaman tabiat tabiin hingga zaman daulah umayyah, abasiyah. Dan "Alfatih" sendiri berasal dari nama julukan sultan mehmed II yg sudah di takdirkan oleh Allah membebaskan konstatinopel dari sistem zalim. Rasulullah semenjak delapan abad sebelumnya sudah bersabda bahwa konstatinopel akan di bebaskan oleh sebaik-baik pasukan dan sebaik-baik pemimpin. Widihhhh.. dari namanya saja sudah luar biasa nih sekolah. Kuttab Al-fatih 

         Nah.. apa sih yang menjadi pembeda antara kuttab dan sekolah-sekolah lainnya? Sebenarnya dari sistem sudah sangat berbeda. Terlalu panjang sebenarnya kalau saya jelaskan keseluruhan. Saya akan jelaskan sedikit saja deh yaaa. Setelah sebentar melihat kbm di kuttab. Sejak dini anak-anak sudah diajarkan bagaimana seharusnya beradab. Tak tahan saya tersenyum ketika melihat anak-anak kecil yg luar biasa akhlaknya kepada orang dewasa. Ketika menawarkan salam dengan senyum lucu mereka sungguh membangkitkan semangat bahwa masih ada harapan bagi bangsa Indonesia yang lebih bermoral ke depannya. 

      Yang paling penting adalah bahwa kuttab memperhatikan betul dua aspek penting dalam pendidikan yaitu guru dan orang tua. Gurunya pun dilakukan maintanence terus menerus. Sehingga kuttab memiliki pakem kualitas guru seperti apa. Karena guru adalah aset penting dan berpengaruh besar pada kualitas anak.. Bahkan kuttab menyelenggarakan kajian rutin kepada guru-gurunya beberapa kali seminggu. Untuk meningkatkan pengetahuan gurunya. Karena pendidik terbaik adalah yang tak berhenti belajar. Untuk orang tua murid, sebelum memasukkan anaknya ke kuttab harus memahami dulu sistem kuttab seperti apa. Dan juga melakukan beberapa perjanjian khusus dengan pihak sekolah. sehingga orang tua tidak menjadikan sekolah tersebut menjadi sekedar tempat penitipan dan pelepas tanggung jawab. Bahwa pengawasan orang tua bisa menjadi sangat penting bagi aspek kepribadian anak. 
         
          Setelah itu kami berdiskusi cukup lama dengan kepala sekolah Kuttab Alfatih cabang jati asih tersebut. Muhammad Brian Al Rasyid. Kami berdiskusi terkait pendidikan di Indonesia, bahkan dunia. Hingga membahas hakikat pendidikan. Dan juga sistem dan konsep di kuttab. Baik yang teknis maupun non teknis.

        Luar biasa pengalaman hari ini. Begitu banyak hal-hal yang ingin sekali saya sampaikan untuk menyampaikan luar biasanya konsep sekolah tersebut. 

         Ingin tau lebih jelas kunjungi saja web sekolahnya di Www.kuttabalfatih.com

  "Karena ilmu adalah cahaya, jangan rusak ia dengan kegelapan" 
   
   Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca ^^

0 comments:

Post a Comment