Wednesday, July 30, 2014

Berkarya dan Bercahaya

Berkarya dan Bercahaya

Berawal dari perjuangan-perjuangan kecil dan kemudian menghasilkan hal-hal besar. Saya ingin mengatakan kepada kalian semua beruntunglah menjadi orang-orang yang mau berjuang. Karena saat ini bangsa kita sudah miskin akan mental para pejuang. Pragmatis menjadi basik karakter masyarakat saat ini. Jadi wahai para pejuang-pejuang pada masanya. Mulai busungkan dada kalian dan banggalah menjadi para pejuang dan kemudian bermanfaat bagi orang lain. Karena kebermanfaatan kita akan menjadi titik balik bagi keberuntungan untuk kehidupan kita sendiri. Dan hidup tanpa garis kehinaan.
Kemudian hal yang ingin saya katakan adalah " kuliah bukan tempat dimana kita menikmati kemenangan. Tapi tempat dimana kita bisa berlari lebih kencang" . Banyak paradigma yang salah menurut saya tentang dunia perkuliahan. Anak-anak SMA atau yang setara menjadikan tempat kuliah mereka sebagai "prestige" bagi diri mereka sendiri. Dimanapun kita berada jadilah berlian meskipun di dalam selokan sekalipun. Maka dari itu kata perjuangan adalah keharusan.
Dunia saat ini menantikan kontribusi kita semua. Mulailah bergerak dan berkarya dimanapun posisi kita. Baik sebagai anak, sebagai mahasiswa, sebagai seorang kakak, apapun itu tetaplah berkaraya. Tetapi janganlah menghasilkan karya-karya egois. Yang hanya bermanfaat untuk diri sendiri. Tetapi ciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi orang banyak. Karena bayaran dari kebermanfaatan kita bukan pada materi pada akhirnya, tetapi kebahagiaan. Dan kebahagiaan adalah barang langka pada saat ini
Mulailah bergerak sesuai dengan keahlian dan hal yang kalian sukai. Tetapi jangan lupa ketika bergerak kita harus berlandaskan keilmuan yang jelas. Jangan melakukan sesuatu denagn sporadis dan tak berdasar. Karena sesuatu yang dilakukan tanpa ilmu hanya menghasilkan kebinasaan. Maka dari itu hiasi lah diri kita dengan ilmu, dan harus cepat mengambil hikmah dan kemudian mengimplementasikan nya. " Ilmu adalah pengikat harta " maka dari itu marilah kita bergerak dengan kefahmuan yang jelas. Dan jangan men judge orang lain. Fokuslah pada diri kita sendiri.
Dan hal terakhir yang harus diperhatikan adalah niat yang ikhlas. Hadits tentang niat diletakkan diurutan pertama oleh Imam Nawawi dalam kumpulan hadits arba'in nya. Begitu pentingnya niat dalam kehidupan ini. Niat harus karena Allah swt dan sesungguhnya setiap amal-amal yang kita lakukan akan tertolak apabila dalam salah dalam berniat. Terus perbarui niat kita. Karena perjuangan akan terus berlangsung. Tinggal kita yang memilih akan menjadi orang yang bertindak atau menjadi orang-orang yang tertinggal.
Tetap semangat :D #PercikanCahaya
Miqdad Ramadhan, 28 Juli 2014


0 comments:

Post a Comment