Wednesday, July 30, 2014

Kepuasan dari Sebuah Perjuangan



Kepuasan dari Sebuah Perjuangan
                “Tulisan ini ditujukan untuk adik-adik kelas ku yang tecinta #ceilaahh”

                Sebelumnya saya akan memperkenalkan sebuah kata yang sudah kita kenal tapi belum kita mengerti, yaitu “perjuangan”.Perjuangan memiliki makna yang berbeda bagi tiap individu. Ada yang merasa sudah berjuang, ada yang merasa belum berjuang , ada yang merasa sudah berjuang tetapi selalu belum merasa cukup untuk berjuang alias “unstoppable.”
                Nah, perjuangan itu menjunjung tinggi yang namanya proses bukan hasil. Semua orang pasti memiliki tujuan tapi perjuangan sendiri memiliki makna proses bisa hasilnya cepat bisa lama bisa di wujudkan oleh generasi setelah kita. Kita boleh berorientasi, malah itu diharuskan. Tapi letak orientasi itu di awal bukan seperti mimpi di siang bolong yang tak jelas pangkal dan ujungnya. Awal kita memiliki mimpi , tapi di perjalanan kita harus memikirkan bagaimana mendapatkannya. Karena itu kita harus selalu membuat Visi dan Misi.
                Untuk membahas proses yang bisa berjalan sangat panjang tadi, yang kita butuhkan adalah nafas yang panjang dan stamina yang kuat. Saya banyak melihat manusia yang memiliki mimpi yang muluk-muluk alias ketinggian tapi tak memiliki ketahanan diri pada akhirnya jatuh di tengah jalan. Sifat yang harus di miliki untuk  ketahanan ini adalah kesabaran. Kesabaran yang unlimited.
                Kita juga harus tau setiap hasil itu didapatkan dari sebuah usaha. Saya sendiri lebih bersyukur mendapatkan hasil yang sesuai dengan usaha saya. Seperti mendapatkan nilai sesuai kemampuan saya. Sebagian orang akan berusaha mendapatkan nilai yang tinggi tetapi melupakan “kejujuran” alias nyontek. Mungkin untuk orientasi nilai itu berhasil melonjakkan nilai kita. Tetapi untuk kualitas diri itu menjadi nol alias tak bernilai sama sekali.
                Saya juga akan menjelaskan sesuatu, ini tentang hukum “kekekalan energi” . “Energi masuk=Energi keluar “ atau “Faksi=Freaksi” . Nah, dilihat dari hukum ini kalian harus sadar setiap usaha yang kita lakukan itu akan sesuai dengan hasil yang kalian dapatkan. Apabila ada yang mendapatkan nilai tidak karena usahanya sendiri (ingat usahanya belajar)  maka suatu saat akan di tagih energi sesuai dengan yang kalian dapatkan bisa kita sebut “hutang energi” . Misalnya “Wah, saya dapet nilai tinggi padahal ga belajar” . Bolehlah dia mendapatkan nilai tinggi tapi setelah itu dia akan kerepotan mengejar ke tidakmengertian tentang materi plajaran.
                Jadi, jangan pernah  berhenti untuk berjuang karena setiap perjuangan pasti akan memberikan hasil. Contoh kita membaca buku (selain buku pelajaran) mungkin setelah selesai membaca tak merasakan hasilnya. Tapi tunggu beberapa saat, ilmu dari buku tersebut pasti  akan berguna.
               
Terakhir, perjuangan itu akan menghaslkan kepuasan. Kepuasan karena perjuangan itu tidak dapat dinilai kenikmatannya. Apalagi kepuasan di surga nanti karena perjuangan saat masih di dunia. Karena itu jangan pernah berhenti berjuang. SEMANGAT!
Miqdad Ramadhan | 6 Juli 2013

0 comments:

Post a Comment